Jelajah banyuwangi-part 4

Ijen

Blue fire nya yang mendunia, menarik kami untuk melihatnya, meskipun ada juga sih yang komen, ngapain jauh-jauh ke banyuwangi, ke dapur aja sih, noh api biru juga, bahahahahaha

Sore itu sekitar pukul 6 kami tiba di Paltuding, Pos pendakian kawah (gunung) ijen, isssh Ijen itu kawah kan, bukan gunung kan, hahahaha, jadi gw emang belum pernah naik gunung, gw selalu mempertanyakan nih ijen ama bromo masuknya gunung apa cuman dataran tinggi berujung kawah diatasnya, wkwkwkwk #ahsudahlah

Hujan, hujan dan hujan, kecemasan menggelayuti kami, akankah kami bisa naik ke atas dan melihat salah satu karya Allah yang luar biasa itu, ah entahlah, pasrah aja, bisa liat alhamdulillah, gabisa juga ya dinikmati saja, toh di puncak sana juga pemandangannya luar biasa kan ūüėÄ

Hujan tidak berhenti turun, dan gw kedinginan luar binasa, hehehehe, sampe akhirnya pukul 3 pagi kita mendapat kabar kalau pendakian ketas belum dibuka karena ada bahaya asap belerang jika hujan. Kami kecewa tapi tetap semangat

Pukul 4 pagi kita baru diijinkan naik, fuuhhhhh jalurnya emejing, nanjaaakkkk terusssssss, capek banget, banget, banget, hiks, setiap bbrp langkah harus berhenti, padahal bapak2 penambang belerang itu manggul beban 70-80 kg naik turun ijen ya, semangaaattt, setapak demi setapak terus dilakukan, santai aja, toh udah ga mungkin dapat view api biru karena kami berangkat terlalu siang, yaaa dibuka jalurnya juga baru jam 4 pagi kan, hehehe. Kalau ga salah ada 4 pos yang harus dilewati sebelum sampai pos gunung bunder.

Awalnya gemerlap bintang menemani perjalanan kami hingga perlahan sang mentari muncul. tepat saya sampai di pos gunung bunder. Pos ini adalah tempat penimbangan belerang dan ada warung juga loh, ada toilet juga, buat yang mau boker, hihihihi

belerang ijen pondok bunder ijen

Selewat gunung bunder ini , trek berubah melandai, bonus kata para pendaki mah, masih dibutuhkan sejam lagi untuk sampai di kawah, view yang kita lewati luar biasa cantik. Di kejauhan tampak bukit teletubbies, hutan mati hingga puncak gunung raung yang berasap

ijen 6 trek ijen

ijen

Sejam kami melalui jalur bonus, akhirnya sampai juga di kawah, mentari sudah bersinar hangat menyambut kedatangan kami, beberapa kali kami berpapasan dengan para penambang yang juaraaaa banget deh tenaganya. Sayang 1 kg belerang hanya dihargai 800-900 rupiah saja.

Selalu ada ironi kemiskinan dibalik kecantikan lokasi wisata alam ya

ijen 2 ijen 3 ijen 4 ijen 5 kawah ijen 3 kawah ijen 4 puncak ijen 2 puncak ijen

Uap panas dari kawah bergelung tiada henti, di bawah sana, puluhan penambang berjibaku dengan belerang dan bahaya keracunan. Saya tidak turun hingga dasar kawah, hanya sampai pertengahan kawah saja, si bagian sisi kawah yang berwarna kuning itulah, menjadi ladang rizki bagi sebagian masyarakat Banyuwangi

Ijen, cantik mengagumkan namun menyimpan bahaya maut bagi yang tidak waspada

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s