Kawah Ratu

Gw menuliskan ini diatas kereta cirebon yang melaju cepat, diantara sinar mentari hangat dan hijaunya persawahan emang ngebuat mood jadi ribuan kali lebih baik ya😁😁

Sabtu kemarin, tetiba gw punya grup baru jalan-jalan dan kita ngerencanain jalan ke kawah ratu.

Pertama kali gw ngedenger si kawah ratu ini pas kuliah, dan dulu gw ga tertarik sama sekali sama yang namanya trekking ke gunung atau seperempat gunung atau setengah gunung, hihi, gw sempet heran apa yang dicari para pendaki itu ya, udah capek2 ke puncak, ampe sana juga turun lagi yang ga kalah capeknya dari perjalanan muncak #mintadikeplakparapendaki #hihihi #gafokus

Okey, awalnya dan sampe perjalanan berangkat, gw masih ngira trekking ke kawah ratu ini macem trekking2 cantik dan ga heboh, jadi isi tas dan kostum gw sama sekali ga guna. Gw pake kaos, jins, dan (untungnya) sendal gunung. Isi tas gw taro, sponge crunch, wafer, air kemasan, dompet, hengpon, power bank, dan ntah kenapa ad bedak ama lipensetip.
Asumsi gw –> kita sampe bawah lagi sekitar jam 2 an dan bisa nge anwar (anak warung) makan mie rebus sama ngopi dan solat di dkt parkiran.
Kenyataan –> sampe parkiran jam 7 malem dengan basah kuyup

Kita berlima (aku, amee, jezz, febry, dan ray) janjian di indomaret terminal laladon jam stg 8 (kenyataan cuss jam 8.20). Rencana kita akan lewat pasir reungit ciampea. Dari terminal laladon ke pasir reungit ini ditempuh sekitar 1,5 jam pake mobil pribadi atau 1 jam pake motor atau entahlah kalau ngangkot pake 05 jurusan ciampea (krn suka ngetem gaje kan, hihihi). Petunjuk arahnya gampang kok, dari terminal laladon lurus aja terus sampai ciampea dan ketemu petunjuk jalan belok kiri ke kawasan wisata gunung salak endah. Akan ketemu pos dan kita bayar karcis 35rb berlima plus mobil. Masuk terus ikutin jalan sampe ketemu parkiran curug ngumpet.
image

Kemudian kamu jangan masuk dari pintu masuk curug, masuklah dr sampingnya, kalian akan nemuin pintu masuk taman nasional gunung halimun salak, tiketnya 5rb per orang (tapi dimintanya 10rb per orang).
image

Terus silahkan berjalan kaki dengan bahagia. Treknya sih ga begitu nanjak, oke deh emang ada saat-saat nanjak tapi ga curam kok šŸ˜‰ newbie macem gw juga sanggup sih ngejalaninnya #iniapasih
Jalur kebanyakan berlumpur, becek krn semalam hujan deras, bbrp lokasi berbatu-batu bahkan ada jalur panjang yang tergenang air dan ada juga saatnya kita nyebrangin sungai kecil dengan cara ngelompatin bebatuan. Seruuuuu sih, hahaha.
image

image

Tiga jam trekking kita istirahat dulu di pinggir sungai sembari membuka bekal. Berhubung perbekalan gw cuman makanan becandaan, jadi deh gw nyolongin bekel yang lain, hihi. Tetiba febri ngeluarin “perlengkapan perangnya” semacem tatakan kompor lipat (ini istilah gw ya, au amat deh namanya apa itu, kompor outdoor?), tabung gas, panci susun outdoor (semuanya aja gw embel2in outdoor, haha), sendok pisau lipat dan mulai masak mie. Seruuu ngeliatinnya hahaha (anaknya cuman pernah sekali kemping, jadi norak). Kita pun isi ulang air dari sungai yg mengalir jernih, seriusan gw baru pertama kali minum air langsung dari sungai, rasanya adem sejuk seger (anaknya cuman pernah sekali kemping, jadi norak).
image

Selesai makan bersama, kita pun solat dulu, daannnn gw gabawa mukena, jadilah pinjem kaos kaki amee, hihi. Alas solat kita tu apadeh namanya semacem terpal outdoor (semuanya aja gw embel2in outdoor, haha) lagi2 yang bawa febri, semua barang yg dy bawa, berguna bgt deh.

Perjalanan pun kita lanjutkan, sebentar kemudian mulai tercium aroma belerang dan sampailah kita di kawasan kawah mati, huraayyyy senaaangggg, bagus banget buat fofotoan, ihihihihi.
image

Katanya sih dari sini udah deket. Mulai dari sini, pemandangan hijau khas hutan hujan tropis seperti pakis dan apalah entahlah mulai berganti dgn pohon kering yang menghitam batangnya, semak perdu, rerumputan. Tanaman tidak serapat di awal perjalanan tadi. Kemudian kita sampai di kawah mati danau situ hiang.
image

Di sisi kanan dari arah datang, kita bisa melihat sebentuk danau dan di sisi kiri terlihat asap putih menguar, ayeyyy itu dy si kawah ratu. Perjalanan masih agak nanjak dan tetep becek, bedanya ini bukan lagi lumpur coklat tapi sudah bercampur belerang jadi agak kekuningputihan, hehe. Kaki gw kecemplung lagi di lumpur belerang, orait dasar ceroboh.

Akhirnyaaaaa ini dia kawah ratuuuuuu, 4 jam perjalanan santai, hufh alhamdulillah, bagus banget Masya Allah, ihiiyy gw giraaangg dan kesenengan sendiri, hahahahaha. Di bawah kawah sana, terlihat seperti gumpalan lumpur mendidih kemudian dari celah2 batu juga keluar uap panas beraroma belerang yang lezat.
image

image

Abis puas foto-foto, kita duduk di bawah pohon dan yuhuuuu keluar lagi itu si tatakan kompor lipat outdoor, tebak coba kita bikin apa? Hahaha kopiiii, tetiba febri juga bawa gelas dong, aselik gw bengong.
Yowes kita jadi menikmati momen ngopi bersama sambil ngeliatin kawah dan keriuhan orang2 yang juga bergembira.
image

image

Pukul 15.15.
Saatnya kembali pulang kalau ga mau kemaleman di jalan.
Perjalanan pulang kita ditemani oleh guyuran hujan deras, okeh gw g bawa jas ujan, jadi make payung, ahahahahaha. Auk ah, ga bakat bgt jalan ke gunung😂😂😂. Hujan ini ngebuat jalur trekking jadi lebih parah, berubah sudah jadi semacem sungai kecil, air tergenang dan mengalir dimana2, kami serasa melakukan perjalanan susur sungai. Semakin sore semakin riuh suara tonggeret bersahut-sahutan. Kami mungkin saling menyimpan cemas di hati, namun ah sudahlah ayo tetap langkahkan kaki setapak demi setapak.

Hingga, akhirnya gelap pun turun dan kami masih di tengah hutan. Senter tidak dibawa, untungnya jezz bawa head lamp dan ada 3 senter kecil dr power bank yang membantu kami melihat jalanan yang semakin parah ga berbentuk. Doa dan zikir semakin kencang diuntai dalam hati, semoga kita semua bisa sampai bawah dgn selamat. Maklum, gw bukan anak gunung, pengalaman di gunung nol besar, palingan cuma bromo dan ijen, yang selalu gw pertanyakan, emangnya itu gunung? Hahaha, abisnya jalurnya udh rapi bgt buat wisatawan. Makasih bgt buat ray dan febry yg udah jagain tiga cewek (manis) ini, wkwkwk.
image

Di tgh kegelapan hutan, senter cuman berani gw arahin KE BAWAH. Ga ngeliat sama sekali ke kanan atau kiri, agak seyeemmmm takut tetiba ada yg senyumin ngasih semangat dr pinggir jalur sambil melambaikan saputangan (yakali).

Akhirnya setelah perjalanan yang berasa panjang, sampai juga kita di pos masuk (langsung pengen sjud syukur). Benar2 pengalaman yg ga bakal kelupain, keseruan trekking, capek, seneng, bagusnya kawah dn hijaunya pemandangan sepanjang jalan, teman2 baik yang menyenangkan, sampe kejebak hujan di malam yg gelap itu lohhhh bagian yg paling wow.

Oke celana dn baju gw udh basah kuyup plus belepotan lumpur, udahlah pasrah gw, hahahaha.

Abis turun dan mereka brganti baju, kita lgsg meluncur ke stasiun nganter amee dan jez yang harus pulang pada hari itu juga. Baru deh kita ber3 yang orang bogor cari pengganjel perut berupa pecel dan sate ayam. Seriusan dari sejak turun di pos, gw ga berasa laper sama sekali, sampe si sate ayam terhidang pun, cmn berasa laper samar-samar, yg berasa dingiinnn sangat krn kebasahan..

orait, gengs, trip yang serruuuuu banget deb, jadi kapan lagi kita kemana #grouphug #loveuall

image

Tips ke kawah ratu
(Sengaja gw tambahin berhubung persiapan gw minus parah, wkwkwk)

1. Darimanapun lo dtg, pastiin maksimal jam 8 lo udh mulai start trekking dari pos taman nasional gunung halimun salak

2. Bawa baju ganti, jas ujan ya bukan payung, cover bag, dry bag atau kantong plastik, alat solat, bekel nasi atau makanan berat, minum, cemilan, hati juga dibawa ya kak, jgn ditinggal walopun udh berdarah2 tersayat terlukai #apadeh

3. Pake sendal gunung ato sepatu gunung, gausah sok manis deh pake sendal bertali manik2 mutiara atau kerang atau batu akik, apalagi pake heels, 😂😂. Sendal jepit juga ga disaranin krn licin

4. Bawa kamera atau hp yg kece buat foto, krn banyak spot foto yg kece

5. Pastiin bawa temen yg pernah ke gn salak atau ke kawah ratu, krn klo lo semuanya pd belom pernah kemari, disuru pake guide, bayar lagi 200rb

6. Bawa obat2an pribadi kayak betadine, plester, minyak kayu putih, antangin, apapun deh

7. Kalo punya tatakan kompor lipet outdoor, bawa aja, seru deh nge mie atau ngopi panas di deket kawah

8. Jgn khawatir keausan jd lo ampe bawa aer segalon, air bersih murni bisa ditemuin dgn gampang dimari

9. Ga ad angkot yg lewat pintu masuk TNGHS, jd klo ramean ad baiknya bawa mobil/motor pribadi atau carter angkot

10. Pastiin maksimal jam 1 atau 2 siang lo udah turun dr kawah klo ga mau horor kemaleman di jalan

Selamat jalan-jalaaaannnn, kalo ga mau ke kawah ratu, datengin aja curug2 di sekitar TNGHS, ada kali sepuluh jenis curug yg berjejer disana 🙌🙌🙌🙌

Iklan

2 pemikiran pada “Kawah Ratu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s